Lagi lagi Penipuan terjadi di Indomaret, Baca sebelum anda dan Keluarga anda menjadi korban penipuan

Sobat semua Pasti pernah Berbelanja di indomaret kan???
Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua....

harga beda : beda harga antara price tag dengan POS (Point Of Sales) kasir
Indomaret A : IDM A
Indomaret B : IDM B
Indomaret C : IDM C
IDM A,B,C, D merupakan gerai yang tak sama tempat tetapi, tetap dalam satu kota

Ini yang kesekian kalinya saya belanja di IDM, tapi akhir" ini saya tak lebih enjoy dengan apa yg diperbuat IDM, khususnya terhadap pelanggannya, Mengapa? Ini cerita saya gan!!!


TKP IDM A ; saya belanja di tempat itu, sengaja cuma 1 item, pastinya saya udah pastiin price tag ama barang yg dibeli, merupakan sama, hingga di kasir nah lho kok harganya beda selisih hingga 1000 rupiah, dalam hati saya kayaknya salah lihat deh harganya, okelah nextime lebih cermat aja..(masih prasangka baik, mungkin saya yg tak lebih teliti)

TKP IDM B ; seperti biasa sebelum belanja saya pastiin price tagnya, ama barang tepat, nah kebetulan ada tag promo disamping tag harga, cuma ada tulisan beli 1 gratis 1 tapi ada yg saya foto promonya ( 1 botol + 1 botol = 1botol ) sejenak saya pikir yg bener mana nih , kalo semua tentu setuju kalo yg dimaksud merupakan beli 2 gratis 1 ya gak coz fotonya gitu, tapi kenapa tulisan promo tagnya beli satu gratis satu, okelah mungkin yg bener merupakan tulisan promo tag, akhirnya saya beli 1 botol dengan harapan dapet gratis 1, nyatanya hingga kasir..eng ing..eng, gak dpt gratis oooaaalaaahhh, sedih.

TKP IDM C ; week end biasanya paling tak sedikit pengunjungnya, tapi ada yang salah pas saya beli disana, ada berbagai barang yg tak ada price tagnya, saya pikir ooo mungkin lagi di print harga baru kali (note: h-1 saya kesana tetap inget item yg saya beli tetap tercantum harganya), okelah saya beli brg yg sama semacam kemaren, hari ini tanpa ada price tag disana, apa yg terjadi hingga kasir? nyatanya hingga sana harganya lebih mahal dari kemaren, selisih diatas 500 rupiah, faktor ini (item barang tanpa price tag) berjalan selagi lebih dari 2hari ( apa iya cuma print price tag, perlu waktu selagi itu).

Spoilerfor :
TKP IDM D ; kejadian persis ada di TKP IDM A, hari ini sebab saya lagi badmood, (pastinya tetap dengan anggapan saya orangnya teliti-baca TKP A), hingga di kasih nyatanya harganya beda lagi ama yg di price tag, apesnya saya bw duit pass lagi, wah kalu gitu tak lebih nih bayarnya (dalem hati), langsung aja saya nyeletuk "mbak kok harganya beda ama label harga di rak-nya" kaget kyknya tu kasir, eee malah tanya temen kasir satunya?, sambil ngomong sendiri "mungkin ada potongan, ya..sambil cek depan mesin kasir..."oooya mas ada potongan xxx rupiah" ngomong dengan entengnya dengan pasang muka gak bersalah.....saya langsung cabut.


TKP IDM A to D :
TKP IDM A tapi pakai trik di TKP IDM D ; saya tetap penasaran, mungkin lg error mesin di kasir, okelah saya praktekin di IDM A (baca permasalahan IDM A), apa yg terjadi terjadilah, hasilnya merupakan sama persis dengan kejadian IDM D, price tag ama harga di POS kasir (point of sales) beda...B.E.D.A, semacam biasa saya pakai tips di IDM D , tapi hari ini kasirnya langsung lihat ke rak-harganya and nyatanya harganya terbukti saya yg bener.


ANALISIS :
1. Bagaimana mungkin sistem POS (point of sales) antara satu gerai dengan gerai lain dapat salah semua (dalam permasalahan ini POS tak otomatis mengurangkan adanya diskon item tertentu), dengan demikian Pembelilah yang dirugikan coz kalo ente gak protes adanya beda price tag ama item, kasir gak bakalan nge-cek manual ke sistem. sistem/human IDM yg error alias terbukti sengaja "dibuat" demikian,dengan jargon "MURAH serta HEMAT".

2. Item yg dibiarkan kosong price tagnya hingga kemarin hari merupakan tak wajar (menurut saya), ini merupakan tips yg dipakai IDM untuk mendapat kan keuntungan sesaat denga jumlah besar, dengan mekegunaaankan even dimana pengunjung biasanya paling tak sedikit (weekend), mereka dengan mudahnya menyetting harga, dengan posisi buyer yg "pasrah" ketika mereka tak tau harga brg yg mereka beli. (dalam pikiran mereka tentu me-refers, ke harga kemarin tapi apa daya hingga kasir mereka wajib membayar lebih, serta tulah yg saya alami)

3. Tak sedikit promo yg menyesatkan di IDM (baca : permasalahan IDM B), belum lagi kalo di kombinasikan dengan tips "harga beda" ala IDM = menjanjikan keuntungan besat dalam waktu singkat, apalagi dengan jumlah gerainya hingga 6.000, coba kamu bayangkan selisih "beda harga" 1.000 rupiah saja untuk 1 item barang dalam sehari bisa bisa "duit kaget" = 1.000 rupiah x 6.000 gerai = 6.000.000/item/gerai/hari.

4. Alasan tak masuk akal ; dalam permasalahan IDM D, dengan entengnya kasir ngomong, "potongan yang belum di kurangkan", saya gak yakin orang yg belanja di belakang antrian saya dapet "perlakuan" yg sama (pengurangan harga dari potongan yg belum dimasukkan).

5. Penempelan price tag tidak pada tempatnya ; ini yg membuat buyer "tertipu" dengan harga murah, apalagi yg beli dalam jumlah banyak tidak akan ingat dengan price tagnya satu-persatu.
TIPS BELANJA DI IDM :
1. Pastikan kamu teliti sebelum membeli item (cek price tag = item), kalo butuh catat pakai note (pakai hp/smatphone)
2. Pastikan punya nyali untuk menegur kasir apabila merasa ada yang salah dengan price tag yang berbeda dengan item alias kamu bakal menajadi bulan"an IDM
3. Apabila tak lebih puas dengan silakan buat SURAT TERBUKA.

14 Responses to "Lagi lagi Penipuan terjadi di Indomaret, Baca sebelum anda dan Keluarga anda menjadi korban penipuan "

  1. Itu sudah biasa bagi indomart....dan saya serung alami....apalagi diindomart pasarkemis tangerang....

    BalasHapus
  2. Indomart buat promosi "Dapat gula pasir 1kg gratis jika tidak ditawarkan keranjang belanja sama indomaret card" Saya tagih janji promonya, dengan senyum senyum bilangnya tidak dapat. Langsung saya mibta dicabut aja kertas promonya.

    BalasHapus
  3. wajar koq
    dlu wkt w masi peliara sugar glider n w sering beli bubur sun rasa pisang pernah taq nya harga 4.250 w ambe 8 bungkus kirain pas lah promo bs di simpan
    eh sampe kasir harganya beda 1rb lsg w blg koq beda ini harganya di sana segitu
    di suru lah yg lain ngecek langsung ke tempat buburnya baru di kasi harga segitu sama dia

    BalasHapus
  4. Aku juga pernah tuh beberapa kali..pertamanya pas beli jepit rambut selisihnya banyak banget...
    Kemaren mau beli payung..bangus payungnya..dilabel harganya 40an ternyata harganya 60an...untung aq suruh mbanya cek harga dulu...kalo gak beehhh jauuh banget selisihnya...pas itu juga ada ibu2 beli lotion harganya beda juga..apesnya ni ibu udah dibeli baru cek harga..mbanya enak aja bilang "yah udah masuk bon bu"....(dalam hati...hmmm kena ni ibu)

    BalasHapus
  5. Saya jg pernah selisih harga..bukan d IDM ajh ..d retail laen q jg pernah. Klo harga beda ya saya protes ajh ma kasir ato petugas tokonya. Klo mreka gak mau kasi harga yg di rak ya tinggal "SMS KONSUMEN" . No pengaduan konsumen kan udh tertera di pintu masuk toko. Respon lumayan cepat dan si kasir itu pun menelfon sya untuk minta maaf dan memberi bingkisan (minyak goreng, sprit) atas rasa kecewa saya.Jd tinggal qt aj hrs jd konsumen yg lebih pintar n teliti. Perusahaan IDM pun sya rasa tdk ada maksud menipu konsumen. Hanya saja PERSONIL TOKO / PEGAWAI TOKO nya yg kadabg berbuat curang dan lalai mengganti Price tag (harga di rak). Moga bermanfaat infox :)

    BalasHapus
  6. Oya..kyak nya yg posting ini bukan konsumen umum dech. Sangat jarang konsumen umum yg tau bahwa IDM adlh istilah dari indomaret. Kemungkinan org yg bekerja di area retail ajh yg tau itu. Apa mungkin org ini ex pegawai IDM ato org SAT ???hehehee

    BalasHapus
  7. Bukan hanya indomaret, retail sdh biasa gt..sebenarnya mslh bukan diperusahaannya.. Pramuniaga yg berurusan dengan price tagnya.. Malas mengganti.. Carrefour aja sering gt.. .

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Pengalaman sy pernah beli pisau cukur gold bersama beberapa barang lainnya di IDM, di rak barang sy tdk lihat ada prize tagnya, tp sy pikir semahal mahalnya pisau cukur pling berapa sih, pas sy byr di kasir dng gesek kartu sempet heran dgn total harga yg hrs sy byr tp sy ga ambil pusing lsg pulang ke rmh, ternyata pas sy lihat harga pisau cukur yg hanya pisaunya saja ( tanpa tangkai) Rp 86.000 , sy lsg balik nanya ke kasir katanya memang segitu harganya karna barang import, yg jadi permasalahan kenapa barang semahal itu yg mungkin sy kira pling mahal 20rb tdk ada prize tagnya, padahal disebelahnya ada pisau sejenis yg harganya tdk sampai 15rb?? Dlm hal ini sang Spv toko hanya sebatas meminta maaf tanpa ada solusi lainnya ...

    BalasHapus
  10. Ga cuma indomaret aja kok. Hypermart, juga sering begitu. Makanya qt sebagai konsumen harus super teliti. Harga pricetag adalah harga yg benar dan silahkan komplain. Drpda di retail, sy sih lbh sering ketipu harga di toko2 kios2 kelontongan, krna mereka ga cantumin harga. Eh tiba2 harganya lebih mahal. Tp krna udh diambil barangnya tah mau gimana lagi. Ga mungkin ga jadi dong. Dan ga bisa protes juga. Ckckck.

    BalasHapus
  11. Sama hal nya wktu beli teh botol beli 2 harga 10rb pas lg promo eh pas beli di gerai yg beda di kasih harga 6.500 .. saya protes dan mereka ngecek dan seenak nya mereka gak blg maaf atau penjelsan lain nya langsng kembali kan uang saya gtu aja...

    BalasHapus
  12. Jadilah konsumen yg cerdas.krn itu hak consumen.bukan berarti pelit tp lebih ke haknya consumen.ga enak banget jd consumen dibegoin seluler.itu istilah kasarnya. Jangan segan2 untuk negor jk ada keteledoran dr seller. Selagi itu hak consumen.

    BalasHapus
  13. Eemm emg dh srg gituu... Krn saya org nya ga teliti,kdg pilih beli d pasar aj ato toko kelontong. Jelaasss.harganya :D mlh lbh murah kdg,org kdg belanja d tmpat2 sperti itu krn ptrestisenya ato krn pgn nyamannya.. Tp.ya gmn,srg bkin keseelll.sih,tdk memuaskaaannn..

    BalasHapus
  14. Beneerrrr bangetttt penipuan konsumen di iming2i harga promo sebar luaskan lewat media sosial n media cetak pas kita belanja mau bayar egh harga di kasir beda dengan harga promo. Sangat tidak Profesional ambil hak orang bagi yg tidak mengecek terlebih dahulu hargax!!!!!!!!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.